Friday 24 June 2011

gitar, sebuah obsesi

pernahkah anda memiliki obsesi ? obsesi yang anda impikan ? namun pada akhirnya banyak halangan yang mewarnai jalan anda untuk mencapai obsesi anda.

ya gue mengalami itu dalam hal gitar

semua orang rata-rata bisa bermain gitar. dari seluruh lapisan masyarakat, mayoritas bisa bermain gitar atau paling engga bisa main musik. dari anak jalanan, hingga orang terpandang paling tidak bisa bermain gitar. lihat saja gimana anak-anak jalanan yang notabene hidup berkekurangan bisa mengisi hidupnya dengan bermain gitar bersama dan bernyanyi mengisi dukanya. lihat juga bagaimana orang-orang terpandang yang ternyata bisa bermain alat musik, yang dalam kaitan ini adalah gitar.

setiap orang yang gue tanya tentang gitar pasti menjawab jawaban yang sama :

"yaelah bas. latihan aja gitar. ga susah kok main gitar"

atau

"gitar gampang kok. menurut gue alat musik paling gampang ya gitar"

sorry tapi menurut gue engga.

gue udah bermimpi untuk bisa bermain gitar sejak sd kelas 6. gue sempet berandai-andai gimana enaknya main gitar, bisa ngiringin lagu sambil nyanyi. semakin kuat motivasi gue, akhirnya pada kelas 1 smp gue masuk ekskul gitar di Smp Kanisius.

ga punya gitar. halangan pertama gue. namun hal itu gue bisa atasi dengan minjem gitar tua om gue. umur tuh gitar dibanding umur gue aja kayaknya tuaan tuh gitar. agak tua, namun ketika diganti senar, bunyinya ga kalah bagus ama yang gitar muda.

oke halangan pertama kelar. next halangan kedua.

namanya gitar tua, pasti pemutar stem yg diujung gitarnya juga udah tua. jadi ga akan kuat menahan elastisitas senar yang gue pasang. akhirnyalah itu gitar selalu ga pas bunyinya. karena lama kelamaan senar yang dipasang di gitar makin mengendur. cempreng lah suaranya.

halangan itu ga ada apa-apanya kalo ada niat. akhirnya gue beli gitar baru dengan uang tabungan gue (lumayan loh 2 bulan engga jajan). gue cukup bangga. karena gue beli itu sendiri dengan uang gue sendiri. bukan uang dengan minta langsung ke bokap dan nyokap. gitarnya bukan gitar yg bagus. tapi lumayan lah bisa dipake buat main yaahh berhubung kekurangan dana pada waktu itu. intinya gue dapet gitar baru dan gue seneng banget.

masalah kedua kelar. masalah selanjutnya sangat parah, sampe sekarang gue ga bisa bunuh tuh masalah.

yaitu, main gitar sangat sulit. tidak seperti kelihatannya asal genjreng, menurut pengetahuan gue gitar memiliki banyak nada. tiap senar membuat nada sama namun timbrenya berbeda. dan disaat gue ikut ekskul, gitar yang diajarkan adalah gitar akustik. sehingga memungkinkan kita para peserta untuk memainkan nada. hal yang gue ga bisa lakukan sama sekali..

walhasil, setahun penuh ekskul, hasilnya NOL besar.

pupus sudah mimpi gue saat itu..

hingga pada akhirnya, ngeband jadi ngetrend saat itu. semua orang punya band. dan banyak bakat2 terpendam yang tiba2 nongol. si ini lah bisa drum, si itu lah bisa bass, si itu lah tiba2 jago gitar. yah gue udah mikir, gue ga akan bisa masuk band kalo gini caranya..

sampe suatu saat, temen gue ngajakin gue ngeband. gue kaget. gue bilang kan kalo gue bego banget alat musik. udah gitu ga bisa baca nada juga. bener-bener sosok yang ga dibutuhkan dalam band. tp temen gue ngerti gue, dan ngajak gue jadi vokalis. gue inget banget itu kelas 2 smp, dan lagu pertama gue adalah "Menghapus jejakmu" yang dibawakan Peter Pan. kenangan yang ga akan gue lupain. itu debut pertama gue.

setelah itu banyak event yang gue ikutin dalam band. orangnya sih selalu berubah-ubah, tapi 2 sobat karib gue Dicky ama Adit selalu ada di band itu. ya selain personil 3 orang itu yang tetap, ada hal lain yang tetap di band itu juga. gue ga bisa gitar..

sampe akhirnya pas sma gue ikut ekskul band lagi. inilah pukulan yang lumayan berasa sampe sekarang ketika ditanya : "lu pegang apa di band ?". gue cuma bisa jawab : "gue cuma vokalis".

singkat tapi bener-bener kena..

kenapa gue bilang gitu ? ya suara gue pas2an. biasa aja malahan. kadang nada tinggi gue ga sampe. kadang fals. yah ga ada kemampuan yang gue punya. sampe akhirnya gue pengen keluar dr band karena gue merasa diri gue ga berguna.

tapi sampe sekarang gue tetep ada di band. yaah semoga aja gue engga dianggep ga berguna hahaha..

gue ga akan merasa gini kalo seenggaknya gue bisa main gitar. paling engga main chord aja gue udah seneng deh. liat aja vokalis-vokalis sekarang, seenggaknya mereka tampil sambil bawa gitar, walopun main alakadarnya. setidaknya mereka bisa gitar.

gue ga akan merasa gini kalo gue bisa main gitar. seenggaknya jadi pas ditanya bisa main apa, gue bisa jawab dengan tegas kalau gue bisa gitar. yah mungkin ga jago tapi seenggaknya bisa kan ?

inilah cerita gue tentang gitar. sesuatu hal yang menjadi obsesi yang tidak tercapai sampai detik gue kelar nulis nih postingan.

di akhir cerita gue ini, gue cuma bisa bertanya sekali lagi

susah ga sih main gitar ?

No comments: